Wednesday 12 February 2014

Pengertian Sistem Informasi

Elemen penting pembentuk sistem informasi adalah Data dan Informasi. Data merupakan nilai, keadaan atau sifat yang berdiri sendiri lepas dari konteks apapun. Misal, pada mahasiswa yang dinamakan data antara lain : NIM, Nama Mahasiswa, Tanggal Lahir, Alamat, Foto, dll.

Informasi adalah data yang yang telah diolah sehingga memiliki makna tertentu bagi pengguna dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.

Misalkan kita mendapat deretan angka '091300025' tanpa keterangan apapun, maka kita tidak dapat menarik makna dari deretan angka tersebut. Berbeda jika deretan angka tersebut dikaitkan dengan data lain yaitu NIM (No Induk Mahasiswa) mahasiswa dengan 'Jemmy Arsentde Putra' sewaktu kuliah di P2KB UNESA Surabaya, maka deretan tersebut menjadi memiliki makna bagi pengguna. Dalam kasus ini deretan angka '091300025' menjadi sebuah informasi.

Definisi Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah suatu alat untuk menyajikan informasi dengan cara sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya, sehingga dapat digunakan dalam pengambilan keputusan.

Konsep Sistem Informasi berdasarkan konsep IPO (Input, Processing dan Output) dapat diilustrasikan sebagai berikut :


Gambar. Konsep Sistem Informasi

No comments:

Post a Comment