Tuesday 11 February 2014

Konsep Penting Sistem

Beberapa konsep penting yang terkait dengan pengertian sistem dan sistem informasi antara lain :

1.       Dekomposisi
Dekomposisi artinya membagi sistem kedalam komponen-komponen yang lebih kecil (subsistem) sehingga memudahkan dalam menganalisa dan memahami sebuah sistem yang besar.
Keuntungan dekomposisi antara lain :
a. Analis menjadi lebih mudah mengatur dan menganalisa setiap subsistem secara lebih detail.
b. Pada pengembangan sistem, sistem dapat didekomposisi menjadi beberapa modul. Tiap modul dapat dikembangkan secara parallel dengan syarat tiap modul tidak saling ketergantungan.

2.       Modularitas
Untuk memudahkan analisa dan memahami sistem, sistem yang besar didekomposisi menjadi modul-modul (subsistem) yang lebih kecil. Dengan modul-modul ini pekerjaan sebuah tim dapat dibagi secara merata untuk tiap-tiap modul, sehingga pekerjaan menjadi lebih focus dan cepat.

3.       Coupling
Modul-modul (subsistem) terkadang memiliki ketergantungan dengan modul (subsistem) yang lain. Modul (subsistem) yang saling ketergantungan harus dipasangkan (di-couple) sehingga bila diketahui modul yang berdiri sendiri dan yang saling ketergantungan.
Pengerjaan modul (subsistem) yang didahulukan dari modul yang menjadi prasyarat untuk modul (subsistem) yang lain.

4.       Kohesi
Dari proses coupling dapat dikelompokkan modul-modul yang memiliki karakteristik yang hamper sama, sehingga dapat dikerjakan secara bersama-sama dengan modul yang saling berkohesi.

No comments:

Post a Comment