Thursday 13 February 2014

Komponen Sistem Informasi

Menurut Stair, sistem informasi berbasis komputer (CBIS) dalam suatu organisasi terdiri dari komponen-komponen berikut :
  1. Perangkat Keras, yaitu komponen perangkat keras untuk melengkapi kegiatan pemasukan data, pemrosesan data dan menghasilkan keluaran (Output) data.
  2. Perangkat Lunak, yaitu program atau intruksi yang diberikan ke komputer.
  3. Database, yaitu kumpulan data dan informasi yang diorganisasikan sedemikian rupa mudah diakses kembali dengan mudah dan cepat.
  4. Telekomunikasi, yaitu media penghubung yang antara pengguna dan sistem komputer dalam suatu jaringan komputer.
  5. Manusia, yaitu pengguna sistem informasi antara lain manajer, analis, programmer, operator dan lain-lain.
  6. Procedur, yaitu tata cara yang meliputi strategi, kebijakan, metode dan aturan dalam penggunaan sistem informasi berbasis komputer.

Burch dan Grudnistiki berpendapat, sistem informasi terdiri dari blok bangunan (building block) yaitu blok masukan (input block), blok model (model block), blok database (database block), blok keluaran (output block), blok teknologi (technology block) dan blok kendali (control block).

Ke-enam blok tersebut satu sama lain saling berinteraksi sehingga membantu satu kesatuan guna mencapai tujuan / goalnya.

1.     Blok Masukan (Input block)
Mewakili data yang masuk ke dalam sistem informasi.
2.     Blok Model (Model block)
Terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematika yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan dalam database dengan cara tertentu guna menghasilkan keluaran sesuai dengan yang diinginkan.
3.     Blok Keluaran (Output block)
Keluaran berupa informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkat manajemen serta pemakaian sistem.
4.     Blok Teknologi (Technology block)
Merupakan toolbox yang digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan sekaligus mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.
5.     Blok Database (Database block)
Kumpulan data yang saling berhubungan satu sama lain, tersimpan dalam media penyimpanan elektronis dan sewaktu-waktu dapat dipanggil kembali data tersebut dengan mudah dan cepat.
6.     Blok Kendali (Control block)
Blok untuk fungsi kendali sehingga kerusakan sistem, data dan informasi dapat dicegah. Sehingga data yang dihasilkan adalah data yang valid.

Sedangkan menurut pendapat Davis, Sistem Informasi Manajemen (SIM) terdiri dari elemen-elemen, antara lain :
  1. Perangkat Keras Komputer (Hardware)
  2. Perangkat Lunak (Software)
  3. Database
  4. Procedure
  5. Petugas Operasional

CBIS (Computer Based Information System) mengacu pada sistem informasi yang dikembangkan berbasis komputer.

CBIS = Hardware + Software + People + Procedure + Information

No comments:

Post a Comment